Home > TIC > Pengertian HAKI dalam TIK dan macam-macamnya

Pengertian HAKI dalam TIK dan macam-macamnya


HAKI

HAKI

Hallo gan🙂 tau HAKI gak? beneran dong, ane mau nge-share infonya nih..

1. Pengertian HAKI
HAKI (Hak atas Kekayaan Intelektual) adalah suatu hak yang timbul dari hasil olah pikir manusia atau hasil kreativitas manusia yang menghasilkan sesuatu yang berguna bagi manusia.
Secara garis besar HAKI dibedakan menjadi 2, yaitu:

a. Hak Cipta
Berdasarkan Pasal 1 ayat 1 UU No.19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta : “Hak cipta adalah hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku”.

b.Hak Kekayaan Industri
Hak kekayaan industri dibedakan menjadi:
– Hak Paten (UU No.14 Tahun 2001)
– Hak Merek Dagang (UU No.15 Tahun 2001)
– Hak Rahasia Dagang (UU No.30 Tahun 2000)
– Identitas Layanan
– Desain Industri
– Desain Tata Letak sirkuit Terpadu

Catatan : Diperbolehkan mengcopy post ini dengan menyertakan sumbernya :)

Categories: TIC Tags: , , , ,
  1. December 15, 2012 at 5:38 am

    hehe ini sumbernya dari mana…

    • December 16, 2012 at 3:13 am

      dari gue lah.. gue khan pernah diajarin sama guru gue… secara gue baru slesai ujian, jd inget dikit” lah

  2. firman
    April 28, 2013 at 10:11 am

    guru lo yg buat pengertian itu? pasi guruo lo juga ngutip dari pendapat ahli. kenapa ga lo cantumin sumbernya?

    • May 1, 2013 at 10:01 am

      yah guru gua gak ngasi tau sumbernya tuh waktu ngejelasin

  3. arnold
    November 18, 2013 at 1:28 pm

    ahahha…😀 gk boleh kata kan lah yang sebenarnya

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: