Home > Our Earth > Asteroid Raksasa Melintas Dekat Bumi…Jika Serempet, Bisa Sebabkan Gempa 7 SR

Asteroid Raksasa Melintas Dekat Bumi…Jika Serempet, Bisa Sebabkan Gempa 7 SR


REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA – Sebuah asteroid seukuran sebuah  pesawat terbang akan melewati Bumi dalam jarak delapan persepuluh dari jarak bulan. Inilah jarak yang paling dekat dengan Bumi dari obyek seukuran ini dalam 30 tahun ini.

Jarak terdekat akan terjadi pada Selasa pukul 18.28 ET (besok pagi WIB) saat asteroid ada dalam jarak  202 ribu kilometer dari planet kita, kata NASA.

Badan antariksa AS ini mengklasifikasikan asteroid itu sebagai “objek berpotensi berbahaya.”

Jika asteroid itu sampai menabrak bumi, dapat menyebabkan ledakan 4.000 megaton dan gempa bumi 7,0 skala Richter, menurut para ilmuwan di Purdue University. Jika jatuh ke laut, bisa menyebabkan tsunami setinggi 70 kaki hingga 60 mil dari lokasi kecelakaan, para ahli mengatakan.

Namun, batu angkasa, yang disebut Asteroid 2005 YU55, tidak menimbulkan ancaman tabrakan dengan Bumi, menurut Near Earth Object Program NASA.

NASA berencana untuk mempelajari asteroid dengan antena radar Goldstone di Gurun Mojave California. Antena Goldstone adalah teleskop radio yang sangat sensitif yang digunakan untuk menyelidiki quasar, pemetaan radar planet dan komet.

Para ilmuwan berencana untuk merekonstruksi bentuk asteroid dengan resolusi halus  13 kaki (4 meter) dengan menggunakan antena. Pengamatan juga dijadwalkan di Observatorium Arecibo di Puerto Rico.

Ini juga akan memberikan kesempatan langka bagi para astronom amatir untuk secara langsung mengamati asteroid dengan teleskop optik.

Asteroid Raksasa Berada Terdekat dengan Bumi dalam 35 Tahun

Ilmuwan menyebut tidak akan terjadi tabrakan antara bumi dengan asteroid tersebut saat mereka mengarahkan teleskop mereka untuk melihat obyek luar angkasa yang diberi nama 2005 YU55 itu.

Jarak terdekat asteroid itu dengan bumi diperkirakan berjarak 325.088 kilometer pada pukul 18.28 waktu setempat.

Terakhir kali sebuah benda luar angkasa berada sedekat itu dengan bumi terjadi pada 1976 dan tidak akan terjadi lagi hingga 2028. (AP/OL-12)

Categories: Our Earth
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: